Situs sedang dalam masa percobaan Disinilah Pusat Jajan Makanan dan Minuman Asli Sleman Yogyakarta Sementara Catat Dulu Alamat Blog dan Mampir Lagi Beberapa Minggu Kemudian

Saturday, February 5, 2011

Hasil Uji Kualitas Air, Syarat untuk Mendapatkan P-IRT

Telah dijelaskan dalam topik sebelumnya bahwa salah satu syarat untuk mendapatkan ijin P-IRT adalah lampiran hasil uji kualitas air. Hasil uji kualitas air maksudnya adalah menguji kualitas air yang akan digunakan sebagai sumber air dalam setiap produksi makanan atau minuman.
Pentingnya mendapatkan hasil uji kualitas air, sebagai syarat untuk mendapatkan P-IRT adalah untuk memastikan bahwa air yang digunakan harus air bersih dalam jumlah yang cukup memenuhi seluruh kebutuhan proses produksi. Metode dan parameter yang digunakan adalah mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 416/MENKES/Per/IX/1990.
Dalam pengujian tersebut akan dilakukan pengujian bakteriologis, kimiawi dan fisik. Contoh hasil pengujian seperti pada tabel berikut.
Contoh Tabel Hasil Uji Kualitas Air
Tahapan pengajuan kualitas air rumah produksi anda adalah sebagai berikut:
  1. Mengajukan prmohonan uji kualitas air ke puskesmas terdekat atau Dinas Kesehatan tingkat Kabupaten. Persiapan biaya bila di Puskesmas Rp. 75.000,00 (jika di Puskesmas Kalasan). Petugas mendata alamat rumah produksi yang akan disurvei kualitasnya.
  2. Anda menunggu sampai petugas puskesmas datang ke rumah, bisa satu minggu, dua minggu atau berapa lama sangat tergantung dari jadual petugasnya. Jangan berpikir waktunya lama banget, memang sudah kenyataan prosedur yang harus ditempuh seperti ini di Indonesia.
  3. Sesuai jadual berikutnya, rombongan petugas datang ke rumah untung menguji kualitas air lalu mereka pulang.
  4. Anda bersabar lagi untuk mendapatkan dokumen resmi hasil uji kualitas air tersebut. Istilah kesabaran ada batasnya tidak terpakai disini, karena anda mau tidak mau harus sabar untuk mendapatkan dokumen tersebut.
  5. Setelah beberapa waktu, dokumen resmi jadi silahkan ambil dokumen uji kualitas air tersebut.
  6. Berangkat ke kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dengan membawa lampiran lengkap untuk mengajukan permohonan mendapatkan ijin P-IRT anda. 
Bagaimana tahapan pengurusannya, silahkan membaca postingan dengan judul Tahapan Pengurusan P-IRT Di Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

1 comment:

  1. terimakasih artikel ini sangat membantu saya. saya ijin bertanya, untuk masa berlakunya minimal berapa tahun sekali ya untuk pengujian air ini? atau hanya sekali saja pada saat pendaftaran P-IRT?

    ReplyDelete

Total Pageviews