Situs sedang dalam masa percobaan Disinilah Pusat Jajan Makanan dan Minuman Asli Sleman Yogyakarta Sementara Catat Dulu Alamat Blog dan Mampir Lagi Beberapa Minggu Kemudian

Wednesday, January 19, 2011

Apa sih P-IRT itu?

Bagi yang belum tahu apa sih P-IRT itu, mungkin terasa asing. Domain blog ini kok diberi nama P-IRT. Sebenarnya bukan masalah blog bernama P-IRT atau bukan bernama P-IRT. Yang penting kan isi dari blog P-IRT ini alias tulisan - tulisan yang diupload blog ini bisa terdeteksi SEO secara alami.
Kepanjangan P-IRT adalah Pangan Industri Rumah Tangga. Sebenarnya yang dibutuhkan bukan kepanjangan P-IRT melainkan adalah Sertifikat P-IRT, sehingga bisa dikatakan sertifikat pangan bagi produsen pangan  (makanan dan minuman) yang diproduksi oleh industri rumah tangga, yaitu perusahaan pangan yang memiliki tempat usaha di tempat tinggal dengan peralatan pengolahan pangan manual hingga semi otomatis. Misalnya industri coklat eksekutif (Eksekutif Chocolate) yang pabrik pembuatannya beralamat pada rumah tinggal produsen pembuatnya. Rumah tangga dimaksud adalah bukan setiap rumah tinggal, melainkan memiliki ruangan produksi yang terpisah dari ruangan - ruangan lain dalam rumah tinggal tersebut.
Sertifikasi P-IRT layak dilakukan oleh eksekutif muda yang menjalankan industri makanan dan minuman, karena dengan memiliki sertifikat P-IRT maka industri makanan dan minuman kita bisa lebih diterima oleh retail - retail besar, seperti mall, supermarket dan agen grosir. Tidak mudah untuk mendapatkan sertifikat P-IRT ini karena harus melewati beberapa pengujian, ya singkat kata ibarat ingin dapat ijazah maka harus ujian terlebih dahulu.
Sertifikat P-IRT  dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten yang ada di tiap propinsi, setelah melalui tahapan - tahapan atau peraturan yang sudah ditetapkan. Sebagai contoh lagi, ketika produsen Coklat Eksekutif (Eksekutif Chocolate) yang berdominsili di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogykarta ingin mengurus Sertifikat P-IRT produknya maka produsen atau pemilik usaha harus mengajukan permohonan pengurusan P-IRT ke Dinas Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews